..<< Type Lainnya >>..

Friday 24 April 2009

Nokia E63

Trend baru blackberry semakin berkembang di Indonesia. Ramai-ramai orang beralih ke Blackberry, entah apa motifnya. Hape-hape bekas pun semakin banyak bergelimpangan, padahal hape-hape model terbaru dan harganya mahal pula. Banyak kasus yang saya temukan orang menjual hape nya hanya karena ingin mengganti ke Blackberry. Sebenarnya sih Blackberry?

Nokia E63

Blackberry adalah handheld keluaran Research In Motion (RIM). Kelebihannya adalah fasilitas Push Email. Apa itu Push Email? Artinya email yang diterima ke inbox mail kita, akan di forward langsung ke blackberry kita layaknya SMS. Selain itu, kemampuannya untuk browsing internet sebebasnya dan dengan kecepatan yang cepat, karena sudah dikompresi oleh Blackberry. Selain itu handheld nya (kalo tidak mau disebut hape), dilengkapi dengan keypad QWERTY yang makin memudahkan dalam pengetikan email.


Nah..begitulah sekilas Blackberry....


Sekarang pertanyaannya, perlukah blackberry untuk anda? Seberapa mobile anda? Seberapa besar kebutuhan internet anda? Seberapa besar keperlukan akan push email untuk anda? Pertanyaan-pertanyaan ini lah yang harus dijawab untuk melihat seberapa besar kebutuhan anda untuk Blackberry.

Bagi saya...... saya belum membutuhkan Blackberry... Mari saya ungkapkan analisa saya
berdasarkan pertanyaan-pertanyaan diatas....

Seberapa mobile anda?

Lumayan mobile... walau ga begitu juga siy. Sulit mencari saya melalui telpon rumah, paling gampang itu kalo mencari saya melalui hape, karena hape saya online 24 jam (kecuali baterai habis). Tapi apa kebutuhan mobile harus dipenuhi dengan Blackberry? Kebutuhan mobile ini bisa ditutupi dengan hape biasa yang tidak semahal blackberry...

Seberapa besar kebutuhan internet kita?

Besar... saya pengguna internet berat. Setiap hari saya menggunakan internet nyaris 24 jam. Kasian laptop dan modem saya :p Dari sini sebenarnya Blackberry sudah mendapatkan poin plus karena kebebasannya berinternet (melalui blackberry tentunya). Tapi kebutuhan ini sudah bisa dipenuhi dengan internet unlimited yang saya pakai dan tentu saja dengan dukungan modem yang menunjang. Kalopun tidak ada modem, hape yang saya pakai sekarang sudah support sebagai modem.

Seberapa besar keperluan akan push email untuk anda?

Menurut saya tidak. Karena saya tidak menggunakan email untuk berkomunikasi dengan orang banyak. Pekerjaan saya pun tidak banyak melibatkan email. Sehingga email tidak harus saya periksa dengan cepat. Memang email pada blackberry bisa dijadikan seperti SMS, yang artinya gratis (bagi sesama pengguna blackberry tentunya). Masalahnya...tidak semua orang yang saya hubungi menggunakan Blackberry... jadi tetap saja bayar.. Lagipula saya jarang SMS-an... dan biaya SMS juga sudah murah (dan bahkan gratis untuk beberapa operator).

Nah...dari jawaban diatas, terjawablah sudah pertanyaan seberapa pentingnya Blackberry untuk saya. Cuma.. tidak dipungkiri saya pingin juga bebas internetan dengan membawa barang yang kecil seperti handheld atau hape. Akhirnya saya mencoba mencari solusi agar keinginan saya tercapai dengan biaya yang murah :)

Akhirnya saya menggunakan Nokia E71. Dengan fasilitas keyboard QWERTY, kemampuan yang dimiliki Blackberry akhirnya juga dimiliki E71. Bagaimana dengan internet nya? Saya menggunakan operator Telkomsel, dan mengaktifkan fasilitas internet Unlimited nya. Bagi yang menggunakan kartu yang tidak bisa unlimited, masih banyak alternatif lain yang murah, karena tarif GPRS sudah murah kok di Indonesia (asal online nya dari hape). Bagaimana dengan Push emailnya? Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kebutuhan Push email blm penting bagi saya. Tapi jika memang saya harus mengecek email, saya bisa saja melakukan pengecekan email dari hape saya melalui internet. Toh internet nya juga sudah unlimited :) (kalo pun berbayar, masih terhitung murah).

Kemudian kalo saya jadikan hape sebagai modem, maka biaya internet tetap melalui account internet unlimited saya. Sedangkan jika Blackberry dijadikan modem, maka kita akan dikenakan biaya pulsa operator layaknya penggunaan biasa, bukan melalui biaya Blackberry yang sudah unlimited internet. Kemudian kalo saya bandingkan biaya nya, jika ingin menggunakan Blackberry maka saya harus membayar sebesar 180rb/bln
(ga tau kalo udah lebih murah). Sedangkan internet unlimited saya hanya 125rb/bln. Sedangkan untuk hapenya... Hape blackberry biasanya berharga diatas 6 juta.
Sedangkan E71 sekitar 5 juta juga siy...(naik harga gara2 dollar naik).

Akhirnya....saya tetap bisa internet-an mobile dengan hape saya seperti Blackberry.. dan menjuluki hape E71 saya dengan Nokia Rasa Blackberry ^^

Nokia E63
GSM 850 / 900 /1800 /1900
UMTS 900 / 2100
Full QWERTY keyboard
110 MB internal memory
2 Megapixel camera

Rp 3.890.000,-atau
Rp 713.296,- x 6
Rp 389.130,- x 12

Price list samsung
Hp samsung f250
Hp samsung f330
Hp samsung e250
Hp samsung i450

0 comments:

Custom Search
 

Info HandPhone | Price List